Rabu, 20 Juli 2011

postheadericon Sharing Keliling


Hoaahh,,,, akhirnya ada juga kesempatan buat nulis n mempostingkan cerita pas ada acara Sharing Keliling setelah bbrp hari dibuat jengkel gara2 koneksi yang kembang kempis.

Beberapa hari sebelumnya, ada beberapa teman dari PLAT-M (Nak Kanak Blogger Bangkalan) yang kasih tau kalau hari sabtu 16 Juli 2011 ada acara di UPN Surabaya (Universitas Pembangunan Negara), dan ane diajak untuk ikut, sebenernya sich rencananya istirahat setelah seminggu kerja, tp hati kecil berkata “ikut aja jar.. ikut…”. Lha temen yg ane tanya acaranya apa di sana, juga kurang tw acaranya apa, ane jg gag da gambaran acaranya ngapain, cm maen, kopdar, or apa jg gag tw. Hmmm… ane ikuti aja hati kecil ane buat ikut.. BUDAL… batinku,,, N kita diminta kumpuL pagi jam 08.00 di Pom Bensin KamaL.


Sabtu pagi, setelah Sholat Subuh, temen kontrakkan ngajak buat jalan2 n lari2 pagi, berhubung bbrp hari sebelumnya ane gag bisa ikut. Jadi ane dengan antusias ikut jalan-jalan, 3 orang berangkat lari jalan, coz kadang lari kadang jalan ^_^ , samapi ke Pelabuhan, menikmati pemandangan indah ciptaanNya, n seperti biasa, nggak lupa narsis biar eksis, poto2 rek…




Jam udah mnunjukkan sekitar  pukuL 07.00, tapi ni masih di peLabuhan, jam 8 harus kumpuL, pa lagi dah da rencana temen2 kontrakkan kalau hari ini mau kerja bakti bersih2 kontrakkan dan sekitarnya. Akhirnya kami memutuskan untuk puLang, tapi teman ngajak beli makan duLu, seteleh keliling2 jalan kaki akhirnya menemukan warung yang dirasa tepat, warungnya ada dipinggir jalan, n hanya meja dan dagangannya. “Buk,, pesan 3 dimakan sini” pesanku, setelah bbrp menit menunggu, ibuknya bilang “ini dek… udah..” sambiL menyerahkan tas kresek berisi 3 bungkus nasi dan 3 krupuk. “Lhoh???” mungkin itu yg ada dibenak kami bertiga, prasaan tadi ane dah bilang kalau dimakan sini. Tp gpp lah, ttp ane bawa ma temen2 ane, jadi jalan kaki, nyeker, bawa bungkusan nasi, karena gag ada air, akhirnya beli air mineral, setelah jalan,,, n terus berjalan,,, sambil mencari temapt yg enak buat makan. Akhirnya perhatian kami tertuju pada “bekas” warung yag ada di pinggir jalan pas, akhirnya kami memeutuskan tuk makan di sana. Setelah itu pulang.

                Wah.. dah jam 8 lebih, tapi belum mandi, n belum melaksanakan kerja bakti juga e. Jadi setelah tiba di kontrakkan, ane langsung mandi, ganti baju, N baru nyabutin rumput (udah bersih, kotor2an lagi). Dan beberapa teman sms, ayoo… dah ditunggu anak2 nich, da yg telp jg, suruh ndang cepet. Setelah itu ane brangkat, pas jalan mw k TKP, temen dah nyusuL, n Akhirnya qt semua berangkat k UPN lewat Suramadu.

Beberara puLuh menit kemudian……. (kayak SpongeBob aja)

Nyampek juga di UPN, setelah parkir motor (meskipun sebelumnya sempet salah gerbang). Pasukan Plat-M menuju lokasi acara, setelah absen n dapet Snack (Lumayan buan ngganjel isi perut) “SHARING KELILING”, begitu tertulis nama acara di banner. Ouw,, ternyata ni acara sharing, hasil kerjasama dari salingsilang.com dan internetsehat.org juga dari UPN Surabaya tentunya sebagai tuan rumah. Acara Sharing Keliling membahas tentang fenomena2 social media yang terjadi sekarang ni. Jadi nantinya akan diadakan acara2 seperti di kota2 yag laen (ya iyalah jar, wong dah jelas ada kata “keliling”). Dan acara di Surabaya ini adalah yang pertama dari rentetan acara Sharing Keliling ini.

Acara pertama ada sambutan2 dari pihak salingsilang, internetsehat, dan dari UPN. Setelah itu da pengarahan2 dikit, trus qt diminta mengisi kuisioner, yang isinya tentang penggunaan internet n social media. Setelah itu kita dikasih 1 Lembar kertas kosong, dan diminta menggambar Peta Kota Surabaya. What???? Peta Sby?? Aq yg orang Pare, idupnya di Madura, meskipun deket ma Sby ya ttp aja gag hafal gmn bentuknya n jalan2 yg ada di Surabaya. Tapi ane gag habis akaL… ane gambar aja kayak gini…. (ada geotaggingnya Lo.. ^_^)

Peta Surabaya dengan skala 1: buanyak (mekso) versi Fajar

Gag Kalah kan dengan peta dari Google Map :-D
Versi Google Map

Sebenernya diminta untuk menandai tempat2 penting, tmpt2 yg pny kenangan bwt ane, gedung2, jalan, dan bbrp item lainnya, Lha berhubung gambar ane yg gag kalah ma Google Map tadi dah tergambar, jadi ane tuLis aja keterangan dibawahnya. He3.
Dan seperti biasanya, ttp narsis biar eksis.





Acara Selanjutnya, acara Inti dari Sharing Keliling ini, peserta dibagi menjadi 3 kelas, dan kita diminta memilih salah satu, sebenernya sich pengen ikut semua aq, tapi mungkin ni masalah estimasi waktu, jadi tiap peserta harus memilih salah satu. Jadi ada topic2 menarik di masing2 kelas, yaitu:
1.       Creative Writing.
2.       Photo Blogging.
3.       Video Blogging.

Hmmm… Tuuh.. kan.. gag sia2 ane ikut n mngikuti kata hati ane, dah bisa rame2 ma nak2 PLAT-M, menjalin siLaturahmi, juga ada topik tentang haL yang ane suka, “FOTOGRAFI”. Tanpa berpikir panjang, langsung ane tentuin pilihan ane, ruang 403, Photo Blogging dengan Pembiacara Mbak Shasha. Dan temen2 yang lain memilih topik2 sesuai yang mereka suka or yang bikin mereka tertarik. Dan semua mengikuti acara ni dengan antusiasmu yang tinggi…
Untuk cerita2 tentang tiap2 topik, kLik aja di list diatas, kalau ane tuLis di sini ntar postingan ini kepanjangan, malah jadi bosen n bikin pusing. Tapi masih Under Construction…


Mbak Shasha sedang membawakan materi Photo Blogging

                Setelah acara itu, lanjut ke acara yg paling menarik lagi… ISHOMA.. (yang “MA” itu yang menarik banget ^_^) he3. Setelah sholat dhuhur n makan. Acara dilanjutkan kembaLi, kali ini pembicaranya Mas Yan, mmbahas tentang Idientias Online dan Etika di Dunia Maya. Kalo pas ini ane sedikit ngantuk, karena emang ane capek, jadi gag gt mmperhatikan, sibuk siat suit sich… he3… sory ya mas Yan. Sebelumnya mas Yan meminta kami mengisi kuisioner, setelah itu dikumpuLkan, diakhir acaranya mas Yan, dari berjuta2 kuisioner itu, (okelah,, yg itu Lebay… gag sampek sejuta kq), dipilih 10 kuisioner yang beruntung, dan akan diberi hadiah CD Norton Interner Security n CD Linamasa. Dari 10 kuisioner, 5 diantaranta ternyata dari pasukan nak kanak Plat-M. dan Alhamdulillah ane termasuk salah satunya. Alhamdulillah,, gag rugi dah pokoknya ane ikut, dah dapet materi tentang pornografi.. eehh… potografi se, eee.. dapet hadiah juga..


Mas Yan lagi kasih materi

DaruL, salah satu Personil pLat-M yg dapet Hadiah

                Setelah itu, dikasih tau kalau malamnya ada acara kopdar di Suara Surabaya. Dan nak kanak memutuskan untuk ikut acara itu. Meskipun terjadi pertempuran hebar saat mencari lokasi Suara Surabaya lewat Peta yang tadi aq buat (sebenernya Peta Surabaya yang dipunya Pak Klebun sich). Klebun dalam Bhs. Madura artinya Kepala Desa, pemimpin, jadi Ketuanya Plat-M dijuluki KLebun oleh temen2 yang laen, yang sebenernya nama asLinya Wahyu.

Mencari Lokasi Suara Surabaya

Nak Kanak Bersama Cak Nofi n Cak Hedi

Jadi setelah acara siang itu, kami memutuskan untuk di UPN dulu, setelah acara selesai, masih ngobroL2 dulu ma Mas Nofi, salah satu dosen sana, dan sudah seperti bapakx Plat-M, sore itu dapet Wejangan dari beLiau. Setelah itu, kami diajak k Gazebo, dan selanjutnya sholat ashar, yang selanjutnya ngobroL2 lagi ma mas Yan. Setelah maghrib, masih ngobroL2 lagi dan mnunggu temen yang lain, waktu menunjukkan pukuL 7, tapi masih belom brangkat, padahal acaranya jam 7, wahh.. Indonesia banget dah pokoknya,, wkwkwkkwwk…

Setelah semua personiL lengkap, meluncurlah pasukan ke Suara Surabaya, setelah beberapa kali tanya ke orang, akhirnya ketemu juga lokasi Suara Surabaya yang ada di bukit (tanjakan sich sebenernya). Nyampek di sana disambut ma Mas Nofi n orang2 dari berbagai kalangan dan komunitas. Dan sekali lagi, Plat-M jadi bintang tamu hari ni (dari acara siang sampek malam disebut2 trus sich, katanya dah jauh2 datang dari Madura, padahal kan deket, Cuma da kesan “beda pulau” yang mm buatnya terkesan jauh mnurutQ). Pas dating, parkir sepeda motor, ambiL tempat, mas Nofi bilangnya ayo2,, silahkan mnikmati makanan yg telah disediakan…

Namanya juga orang keLaperan habis kegiatan, langsung aja ane ambiL makanannya, enak gan, coz Merknya RATUKU (oRA TUKU = Tidak Beli) alias GRATIS!!! wah..  Langsung dah ane ma temen ane yg namanya DaruL bergerak tuk memulai “Wisata Kuliner” malam itu. Ada Bakso, Sate, Soto, Lontong Kikil, Gorengan, Es Degan, Soft Drink, dll. Hmmm.. Karena Laper, kami memutuskan tuk memilih Soto terlebih dahulu, jadi ane, DaruL, n Fendi memesan Soto, dan yang laen pesan makanan yg diinginkan. Pas ane nunggu, ane liat orang pesen Sate, wah,, tergoda dah iman ane, jadi langsung ane pesan sate jg. Jadi yg laen pesan 1 makanan, ane dah pesen 2.. Soto n Sate (kalao aja ada Siti, mungkin ane embat jg) pLus gorengan n Es degan. Setelah itu ada Sharing tentang Fenomena Social Media juga, dan setelahnya ada sesi tanya jawab. Wah.. Sate n Soto dah habis, hmmm.. apaan tuh.. ooww.. Lontong kikiL.. ane embat juga tuh, seteLah perut dah bisa bernafas, tinggaL 1 yg beLom, Bakso, berhubung ane orang yang adiL, kan gag adiL kalao si Bakso gag ikut dinikmati. Ane pesen dah Bakso, tapi kaLi ini terasa “beda”, entah ane yg gag cocok, or emang perut yang udah terisi bermacam2 jadinya gt. Akhirnya yang tak makan Cuma 1 bakso n gorengannya, sisanya ane kasih ke teman, n mreka makannya juga lahap banget ma tuh Bakso.


Acara Sharing tentang Social Media

DaruL Si Pemakan Segala (di mulutnya tuh ada sandal gua gan)



“Acara selanjutnya.. Hiburan dari Music PatroL” begitu kata pembawa acaranya. Woiya, pembawa acaranya si Joko, salah satu dari personiL paLt-M yg “dipaksa” jadi pembawa acara malam itu. “Music Patrol”?? ane kurang paham, setelah tanya temen, ternyata tuh grub music yg alat musiknya biasanya dgunakan pas buat bangunin orang sahur waktu puasa. Oaalaaahh… kalo di tempatQ itu namanya “Deng Turrr” (nama yang aneh ya). “Dung tok tek dung dung” wah2.. dah ada suara music tuh dari depan, ane langsung ja mendekat liat, Musicnya asik banget, asLi.. pas dengerin tuh hati jadi seneng, rasa capek jadi hiLang, pa lagi liat personilnya da yg masih keciL. sambiL jogget sana sini. Alhasil ane terbawa juga dah, di belakangnya ane joget2 juga mengikuti gerakan pemainnya, meskipun diketawain ma temen2 n banyak orang… gag perduLi.. yang penting asyikk… “ANGAK HOO….”


Joget ala Sule



SeteLah music selesai, acara juga ditutup, setelah bercengkrama bentar n bernarsis ria, kami memutuskan untuk pulang ke Madura. Beberapa personiL yang cewek, balik ke madura besoknya, malam itu mereka tidur di rumahnya Oki (salah satu personiL pLat-M). Setelah bermusyawarah, berdebat, sampek bertengkar, marah2an, pukuL2an n Carok juga (kalo yang itu ane bo’ong). Kami memutuskan baLik ke madura lewat kapaL. Dan Alhamdulillah, masih ada kapaL, meskipun harus menunggu kapaL datang k peLabuhan Ujung lumayan lama (prasaaanQ sich), n aq gag mw mnyia2kan saat itu, langsung dah.. ane TIDUR… he3 meskipun di pembatas jaLan. “Bangun2, kapalnya dah datang”, ane dibangunin ma salah satu teman, dan kami naik kapaL, pas di kapaL, beberapa teman dah mengambiL posisi masing2 (posisi tidur pastinya) jadinya menghabiskan 4-5 kursi dah. Apa lagi si Pak Klebun, wah,, langsung teparrrr dia….

Sebenernya ane juga ngantuk, tapi kalau tidur, duduk gag enak, terlentang kayak tmn2 ntr butuh bbrp kursi, kan kalau ada penumpang yang lain gimana. Tapi berhubung saat itu dah mualem, pastinya sedikit yang nyebrang. Ane ikutan dah ambil posisi, n Langsung tepar juga, mnyusuL teman2 yg dah duluan masuk ke Dunia Mimpi mreka. “Bangun2.. udah nyampek”, skali lagi dbangunin temen, ternyata dah nyampek Pelabuhan KamaL. Pukul 23.56 kami turun, dengan muka kusut, badan bau coz sharian blm mandi (itu temen2, kalo ane mandi gag mandi kan tetep wangi to),n mata masih merem meLek. Selanjutnya menuju ke rumah, kost, n kontrakkan masing2 membawa sejuta cerita. Dan mempersiapkan diri untuk acara kopdarnya pLat-M, Len Jelen… begitu kami biasa mnyebutnya, yang besoknya rencananya dilaksanakan di Pantai Siring Kemuning.

Tuh.. Bener2 gag rugi ane ikut acara ini, gag salah ane mngikuti apa kata hati keciL ane tuk ikut acara ni. Bisa jauh lebih kenal dengan anggota pLat-M yang laen (ane masih baru jg di Plat-M), menjalin silaturahmi, mengisi hari libur, dapet ilmu baru (pa lagi yang bagianpornografi,, ehh.. potografi), dapet hadiah, malemnya “wisata kuliner” gratis, dan sangat senang n terhibur dengan yang namanya Musik PatroL, dan masih banyak haL2 positip yang ane dapet dari acara ni. Bagi siapa aja yang baca cerita ni, punya bLog, or pengen blajar bLog dari Madura or yang berdomisili di Madura, gag usah ragu dah, ikut ja pLat-M, dijamin gag kan nyeseL. Dan tugas selanjutnya, mmpraktekkan apa yg didapat di sana, bercerita tentang pengalaman saat itu.

Wah2,, ni ane nulis di Ms Word, ternyata panjang juga ya cerita ane, sampek 5 halaman, belum ditambah foto, wah2,, udah duLu ah, kalo panjang2 ntr kasihan yang baca, dah tulisannya ruet, kata2nya jg gag jelas, ntr malah tambah pusing baca ceritaQ. Setidaknya ni “sedikit” cerita dari acara “Sharing Keliling” yang bisa aku ingat.


Ini Ceritaku, Ceritamu???


“JANGAN PERNAH RAGU MENGIKUTI APA KATA HATIMU DAN HATI KECILMU, BENAR ATAU SALAH, BAGUS ATAU TIDAK, KAU TIDAK AKAN PERNAH TAU SAMPAI KAU MENCOBANYA/MELAKUKANNYA”

15 komentar:

loewyi mengatakan...

mantab mas lengkap pol....
apa lagi yang paragraf akhir tuch.... promosinya OK. :D :P

eh mas.... photographi yang bener bukan pornografi. :D :P

SandaL JepiT mengatakan...

Alhamdulillah.... ni ja ngetiknya pas Jam kerja di Kantor... he3

iyo rek,,, Promosi,, biar tambah duLur2 pLat-M :D

iya e Man... sering kepLeset ni lidah kalo ngucapin Photographi ma Pornografi.. hampir mirip.. n sama2 suka sich... (Lhoh.. bukak kartu aq) :P

MdarulM mengatakan...

Maaf lho bapak...maaf nih yah sebelumnya...nyang ada di photo itu bukan cak nofy dan mas yan,, akan tetapi cak nopy dan pak hedi...

maaf lho bapak...

btw..itu sendalmu enak juga lho...heheheh

SandaL JepiT mengatakan...

iyo... maaf bapak.. tadi mw ane ganti bapak... wingi Lali... beLom sempet tak ganti.... ni ane ganti bapak...

ni masih ada sandaL yang laen kaLo mw.. he3

tHis iS miNe mengatakan...

keren n panjang...
lengkap banget ceritanya..
ini ceritamu, ceritaku (http://umie-dtwafe.blogspot.com/2011/07/kopdar-bareng-sharing-keliling-di.html)

SandaL JepiT mengatakan...

ManTab Gan... Tq dah Mampirr...
Cerita pean jg keren...

thoy2 mengatakan...

Hahahayyy...
Mas fajar, lengkap sekali... :D

Hmm,,
Enak kan ikut kata hati, kalau tidak ikut kata hati pasti ga nyampe ikut sharing keliling... :D

Unknown mengatakan...

tiada kata yang dapat aku ungkapkan,, selain,,,
MANTABBSS GAN,,,,
jangan lupa,, SEMANGKAA,,,
Semangat Kakak,,, :D

SandaL JepiT mengatakan...

@Thoy2: Hmm... makasih.. ^_^ katanya pak Jonathan kan harus Deskriptif n Naratif

iya.. Alhamdulillah kaLi ni Kata Hati Benerrr...

@Okie: SkaLi lagi makasih... pean juga... SEMANGKI.. Semangat Oki...

Wahyu Alam mengatakan...

Waw, bener-bener dah catatan sandal jepit keren, saya masih sibuk KP, belum sempat nulis. :((

Oke dah, keren bro! tapi ada saran dan harus di edit, tolong setiap tulisan Plat-M di backlink ke http://plat-m.com dunnkk,, begitu juga beberapa nama teman tolong diberi URL ke blog masing2. dengan begitu Mas Fajar sudah membantu meningkatkan trafik tentang Plat-M dan anggotanya.

tenang, ntar saya backlink juga men di blog Plat-M dan saya sendiri

SandaL JepiT mengatakan...

@PakKlebun: iya bun,,, rencananya tadi juga gt,,, cm ya blm sempet ja.. Lha td mw gtuin, themaQ errorr... tak utek2... he3

kmaren kan ane nulisnya d Word, jadi lum sempet ksh backLinkx...

ni ntr Insyaallah ane Laksanakan perintah dari Pak kLebun..
:D

TreTans.com mengatakan...

Sayang gak ikutan.. :(

Unknown mengatakan...

owalah ini blognya mas yang ruame banget dari plat-M itu, keren mas, penuh sensasi, tapi yang acara di madura itu aku ga ikut, eman.., aku hnya mendengar cerita dari temenku aja.,
teruslah menulis..

modern classic furniture mengatakan...

salam persahabatan slalu yaaa...:)

modern classic furniture mengatakan...

menarik juga...:)

Popular Posts

Label

Photobucket